Pages

Minggu, 30 Januari 2011

Yuk perbaiki diri agar jadi lebih baik !!!!

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamualaikum wr.wb

Segala puji hanya bagi ALLAH SWT semata, sholawat serta salam semoga tercurah pada junjungan besar Nabi Muhammad saw, keluarga, para sahabat dan orang2 yang mengikuti beliau sampai hari kiamat.




“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam
kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”. (Al-Ashr: 1-3).



Dari ayat di atas hati saya terdorong untuk mengajak diri saya pribadi dan teman semua untuk saling mengingatkan dalam kebaikan dan kebenaran. Disengaja atau tak disengaja sebenarnya kita tau, bahwa yg kita lakukan itu salah tapi kenapa kita tetap melakukannya, coba tanya pada diri masing-masing apakah kita termasuk orang seperti itu ?????? apabila jawabannya iya maka, yuk kita perbaiki diri agar kita tak termasuk orang-orang yg merugi seperti tertulis pada ayat di atas.


Sambil merenungkan masalah diatas saya akan coba menawarkan solusi. Bukan maksud saya menggurui  tapi ini adalah sebuah ajakan untuk diri saya pribadi dan kita semua yg tak ingin merugi :



  1. Niat, Tanamkan niat dalam hati untuk memperbaiki diri hanya semata2 karena ALLAH SWT, InsyaALLAH kedepannya akan diberi kemudahan, amin.
  2. Tafakur/introspeksi diri, Coba kita renungkan sejenak, berapa umur kita sekarang, berapa banyak kebaikan yg kita lakukan dan berapa banyak dosa yg kita perbuat. Semua pasti tau sekecil apapun dosa atau kebaikan yg kita lakukan maka kita kelak akan menuainya, tentunya yg jelek akan menuai yg jelek dan yg baik akan menuai yg baik.
  3. Muraqabah/merasa diawasi ALLAH SWT, ALLAH maha melihat. jelas dan itu pasti, jadi apapun yg kita lakukan dan sehebat apapun kita menutupi perbuatan itu serta tak ada orang yg tau tp ALLAH pasti tau.
  4. Ingat mati, Manusia pasti mati, dan tak hanya itu saja tp semua makhluk hidup pasti mati, hanyalah ALLAH SWT yg kekal. kalau kita berbicara tentang mati pasti sebagian orang akan mengerut dahinya, mungkin merasa ngeri atau merasa banyak sekali dosa yg dilakukan dan sampai sekarang masih melakukannya. sebagai seorang muslim kita harus selalu mengingat mati,kenapa begitu? karena dengan ingat mati, kita akan sadar bahwa kita kelak akan mati. kita tak tau kapan kita mati, bisa jadi anak2/dewasa/orang tua. Tak ada orang yg tau hanyalah ALLAH SWT yg Maha tau. maka kita akan senantiasa perbaiki diri untuk jadi lebih baik. kata ustadz "jika yg mati banyak dosanya maka didalam kubur dia merasa sehari itu beberapa tahun,sedangkan orang yg beriman merasa waktu selama dia mati sampai dibangkitkan kembali itu hanya sebentar saja,seperti tidurnya malam pertama yg merasa kurang lama",subhanallah
  5. Istighfar, Dalam suatu pengajian ustadz menjelaskan kunci sukses dalam hidup salah satunya adalah tidak melakukan dosa besar. Sudah jelas bahwa apabila melakukan dosa besar maka konsekwensinya jg besar. Sedangkan untuk dosa kecil beliau menjelaskan tentang salah satu keutamaan istighfar yaitu dapat mengikis dosa kecil. Tentu saja bukan hanya diucapkan dengan lesan saja tetapi harus sampai ke hati, insyaALLAH hati ini akan merasa tenang banget, yuk kita istighfar teman2 "astaghfirullahal adzim"
  6. Lahaulawalakuwata illabillah, Milik ALLAH SWT apa2 yg ada di langit dan di bumi, ALLAH lah pemilik diri ini, ALLAH yg mengatur kehidupan, kematian, jodoh, rizki dll, ALLAH jg yg maha membolak balikkan hati, terus mengapa kita harus bingung menghadapi kehidupan ini, terus belajar dan berusaha lebih baik dan memasrahkan segala urusan pada ALLAH SWT, insyaALLAH hati kita akan tenang dan menjalani kehidupan ini tentunya dengan tenang  juga, amin.
Keenam penjelasan diatas hanya sebagian dari solusi untuk memperbaiki diri, mungkin teman2 lebih tau atau lebih faham, saya pribadi minta maaf kalau terjadi banyak kesalahan pada posting ini atau teman2 merasa kurang puas. Mohon koreksinya, terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar